When you run so fast to get somewhere, you miss the fun of getting there.
Life is not a race, so take it slower.
Hear the music before the song is over.
You are part of the puzzle of someone else's life.
You may never know where you fit but others will fill the holes in their lives with pieces of you.
So if you run out of reasons to live, remember that someone else's life may never be complete without you in it.

Friday, June 29, 2012

MELIHAT LEBIH DEKAT RAMBUT ANDA


”PADA setiap usia dan kebudayaan,” kata sebuah karya referensi, ”rambut menyingkapkan sesuatu tentang kepribadian pemiliknya.” Jadi, tidaklah mengherankan kalau kebanyakan orang sangat antusias untuk menjaga rambut mereka tetap sehat dan indah.

Sedarlah! menanyakan beberapa pertanyaan umum mengenai komposisi dan cara perawatan rambut kepada empat penata rambut berpengalaman. Ternyata, rambut Anda lebih rumit daripada yang tampak.

Pertumbuhan dan Kerontokan Rambut

T: Terbuat dari apakah rambut?
J: Rambut mengandung keratin, suatu protein berserat. Setiap helainya tumbuh dari sebuah lekukan di kulit kepala yang disebut folikel. Di dasar setiap folikel terdapat papila, yang mengandung banyak suplai darah. Papila menghasilkan sel-sel rambut yang bertumbuh keluar dari folikel dan mengeras menjadi rambut.

T: Banyak orang percaya bahwa rambut bertumbuh lebih cepat jika dipotong. Benarkah itu?
J: Tidak. Ada yang menyangka bahwa rambut diberi makan oleh tubuh, sebagaimana suatu dahan dipelihara oleh batang pohon. Namun, begitu tumbuh keluar dari kulit kepala, rambut menjadi zat mati. Dengan demikian, memotong rambut tidak mempengaruhi pertumbuhannya.

T: Mengapa rambut berubah menjadi uban?
J: Lapisan bagian dalam rambut mengandung pigmen yang memberinya warna. Seraya sel pigmen mati, rambut berubah menjadi abu-abu; ini merupakan bagian dari proses penuaan. Uban prematur dapat disebabkan oleh faktor genetika atau penyakit. Akan tetapi, jangan percaya pada dongeng bahwa uban dapat tumbuh dalam semalam. Pigmen tersimpan di bawah kulit kepala. Jadi, diperlukan waktu bagi uban untuk bertumbuh (sekitar satu seperempat sentimeter per bulan) dan muncul di permukaan kepala.

T: Apa saja penyebab kerontokan rambut?
J: Kerontokan merupakan bagian dari siklus alami rambut. Rata-rata, setiap orang mengalami kerontokan 50 sampai 80 helai rambut setiap hari. Namun, pola kebotakan pada pria merupakan faktor keturunan dan tampaknya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, yang mengakibatkan kebotakan permanen. 
Kerontokan rambut yang abnormal disebut alopesia.

T: Beberapa orang mengatakan bahwa rambut seseorang mencerminkan kesehatannya. Apakah Anda mengamati hal ini?
J: Ya. Di bawah kulit kepala, darah memberikan nutrisi kepada rambut. Oleh sebab itu, rambut yang sehat dapat mencerminkan bahwa suplai darahnya terawat. Akan tetapi, seseorang yang berpola makan tidak bergizi atau mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan bisa mendapati bahwa rambutnya lemah dan mudah patah, karena suplai darahnya tidak dapat memberikan cukup nutrisi kepada rambut. Rambut rontok atau rambut lemah bahkan dapat menjadi petunjuk awal dari penyakit atau kehamilan.

Menjaga Kulit Kepala dan Rambut Tetap Sehat

T: Uraikan caranya mencuci rambut dan kulit kepala.
J: Pengalaman menunjukkan bahwa mayoritas orang yang kulit kepalanya kering diakibatkan oleh mencuci kulit kepala mereka terlalu sering. Memang, minyak yang ada di rambut Anda membuat kotoran dan sel-sel kulit yang telah mati menempel dan dapat menyumbat saluran minyak menuju folikel. Jadi, keramas secara teratur memang perlu. Tetapi, minyak alami ini juga melindungi kulit kepala Anda terhadap bakteri yang berbahaya serta menjaga kelembapan kulit kepala. Dengan keramas terlalu sering, Anda menghilangkan lapisan pelindung ini dari kulit kepala Anda dan menimbulkan masalah seperti kulit kepala kering. Banyak ahli perawatan rambut menyarankan agar keramas dilakukan hanya jika kulit kepala atau rambut sudah kotor. Orang yang memiliki rambut berminyak harus keramas lebih sering dibandingkan dengan yang memiliki rambut normal atau kering.

Sewaktu keramas, pijatlah kulit kepala Anda. Hal ini akan menghilangkan sel-sel mati dari kulit kepala dan meningkatkan kelancaran aliran darah yang memberikan nutrisi kepada rambut Anda. Ingatlah selalu untuk membilasnya sampai bersih! Jika Anda tidak membilas tangan Anda setelah mencucinya dengan sabun, kulit Anda akan menjadi kering dan pecah-pecah. Sama halnya, jika sampo tidak dibilas sampai bersih, kulit kepala dapat menjadi kering dan terkelupas.

T: Bagaimana mengatasi masalah kulit kepala kering?
J: Minumlah banyak air, dan makanlah makanan yang bergizi. Hal ini akan membasahi kulit kepala Anda dan meningkatkan aliran darah. Gunakan sampo yang lembut, dan pijatlah kulit kepala Anda secara teratur. Beberapa orang menggunakan conditioner yang tidak luntur bila dibilas dan losion pelembap kulit kepala.

Menata Rambut Anda

T: Apa yang harus selalu diingat sewaktu berkunjung ke seorang penata rambut?
J: Jika Anda ingin mengubah gaya rambut Anda, bawalah gambar gaya yang Anda inginkan dan juga mungkin gaya yang tidak Anda inginkan. Katakan terus terang keinginan Anda dan jumlah waktu yang Anda dapat sisihkan untuk merawat rambut setiap hari, karena beberapa gaya rambut tertentu membutuhkan lebih banyak perhatian dibandingkan dengan gaya rambut lainnya. Ingatlah bahwa biasanya Anda harus datang ke seorang penata rambut dua hingga tiga kali sebelum ia dapat mengenali karakteristik rambut Anda dan membina komunikasi yang baik dengan Anda. Oleh karena itu, jangan cepat menyerah dan terburu-buru mengganti penata rambut!

Apa yang Rambut Anda Singkapkan

Perawatan dan penataan rambut merupakan bentuk ekspresi diri. Rambut dipotong, dipanjangkan, diluruskan, dikeriting, diwarnai, dan ditata dengan berbagai gaya untuk mengikuti trend mode, ajaran agama, bahkan gagasan sosial dan politik. Lihatlah lebih dekat rambut Anda. Apa yang disingkapkannya? Rambut sehat yang ditata dengan cita rasa yang baik memperindah pemiliknya dan mendatangkan kekaguman orang lain.


source:
Sedarlah! April 2001

No comments:

Post a Comment