When you run so fast to get somewhere, you miss the fun of getting there.
Life is not a race, so take it slower.
Hear the music before the song is over.
You are part of the puzzle of someone else's life.
You may never know where you fit but others will fill the holes in their lives with pieces of you.
So if you run out of reasons to live, remember that someone else's life may never be complete without you in it.

Friday, June 8, 2012

EURO 2012 - Perhelatan Bersejarah

Apakah Anda senang menonton pertandingan sepak bola―atau barangkali bahkan ikut bermain?
Nah, Anda mungkin tahu bahwa kejuaraan UEFA (Union of European Football Associations/Assosiasi Sepak Bola Uni Eropa) EURO 2012 akan dibuka di Warsawa, Polandia, pada tanggal 8 Juni, dan laga pamungkasnya akan digelar di Kiev, Ukraina, pada tanggal 1 Juli. Apa EURO (Piala Eropa) 2012 itu, dan persiapan apa saja yang telah dibuat? Apa yang menjadikannya perhelatan yang bersejarah?

 

"Mengukir Sejarah Bersama"

Kejuaraan sepak bola Eropa diadakan di Eropa empat tahun sekali sejak 1960. Negeri-negeri yang pernah menjadi tuan rumah antara lain Austria, Belanda, Belgia, Inggris, Italia, Jerman, Portugal, Prancis, Spanyol, Swedia, Swiss, dan Yugoslavia.

 Tahun ini, Polandia dan Ukraina akan bersama-sama menjadi tuan rumah untuk putaran finalnya. Di Polandia, kota Gda´nsk, Poznan, Warsawa, dan Wroclaw akan menjadi tuan rumah untuk pesta olahraga ini. Di Ukraina, pertandingan akan dilangsungkan di Donetsk, Kharkiv, Kiev, dan L'viv.

Menurut UEFA, inilah "ketiga kalinya putaran final dituanrumahi oleh dua negeri (setelah Belgia/Belanda pada tahun 2000 dan Austria/Swiss pada 2008)". Tetapi Piala Eropa 2012 akan tetap menjadi sejarah. Mengapa? Tahun ini, putaran final tidak hanya menjadi puncak kerja sama antara dua negara tuan rumah dan panitianya, tetapi juga untuk pertama kalinya diselenggarakan di Eropa Tengah dan Timur. Maka, slogan resmi yang dipilih untuk perhelatan tahun ini adalah "Mengukir Sejarah Bersama".




Berbagai Persiapan

Tentu saja, salah satu persiapan terpenting untuk suatu pertandingan adalah menyediakan fasilitas yang memadai. Untuk itu, kota tuan rumah Poznan dan Kharkiv merenovasi stadion-stadion yang ada, sedangkan di enam kota lain stadion-stadionnya benar-benar baru. Diperkirakan bahwa berbagai fasilitas ini akan dapat menampung 358.000 penonton.

Stadion Olimpiade di Kiev, Ukraina
Mengingat begitu banyaknya penonton yang akan datang, kota-kota tuan rumah telah memikirkan dan mengupayakan tindakan pengamanan dengan serius. Ribuan petugas keamanan telah dilatih untuk menghadapi perhelatan itu. menurut Science & Scholarship in Poland, pelatihan mereka antara lain "menjalankan strategi keamanan pada 140 acara lainnya, yang mencakup . . . mengendalikan massa, menciptakan zona-zona keamanan dan bekerja sama dengan para petugas kemanan luar negeri".


Mengapa perlu ada langkah-langkah demikian? Salah satu alasannya, para pejabat yang berwenang menyadari bahwa perhelatan akbar seperti ini bisa menjadi sasaran terorisme. Mereka juga tahu bahwa penonton yang urakan kerap menjadi ancaman satu sama lain, sebagaimana ditunjukkan oleh aksi kekerasan dan holiganisme yang pernah terjadi. 




Pandangan yang Seimbang

Sangat disayangkan, banyak penonton menggandrungi olahraga sampai berlebihan. "Hidupku kurang bermakna dan belum komplet kalau tim sepak bola kesukaanku mainnya jelek," ujar seorang penggemar sepak bola. "Jujur, seandainya perang nuklir pecah, yang paling kutakuti adalah kalau jadwal pertandingan bola minggu depan sampai terganggu."

Kontrasnya, perhatikan pandangan yang seimbang tentang rekreasi yang terdapat dalam sebuah buku kuno berisi hikmat. Buku itu mengakui pentingnya selingan yang sehat dalam kehidupan, dengan menyatakan bahwa ada "waktu untuk tertawa . . . dan waktu untuk melompat-lompat". (Pengkhotbah 3:1-4) Kita juga dianjurkan untuk bersikap bersajaha. (1 Timotius 3:2,11) Jadi, sewaktu membuat keputusan tentang apa yang paling utama dalam kehidupan, kita sebaiknya mengkikuti nasihat untuk "mengikuti perkara-perkara yang lebih penting".―Filipi 1:10



Did You Know?



































sumber:
Sedarlah! Juni 2012
Getty Images

No comments:

Post a Comment