When you run so fast to get somewhere, you miss the fun of getting there.
Life is not a race, so take it slower.
Hear the music before the song is over.
You are part of the puzzle of someone else's life.
You may never know where you fit but others will fill the holes in their lives with pieces of you.
So if you run out of reasons to live, remember that someone else's life may never be complete without you in it.

Saturday, June 30, 2012

ALANGKAH UNIKNYA ANDA! Bagian 7: Anda Dapat Merenungkan Masa Depan dan Merencanakannya

Bagian 7:

Anda Dapat Merenungkan Masa Depan dan  Merencanakannya


Segi lain dari kesadaran manusia adalah kesanggupan kita untuk mempertimbangkan masa depan. Sewaktu ditanya apakah manusia memiliki sifat-sifat yang membedakan mereka dengan binatang, Profesor Richard Dawkins mengakui bahwa manusia, memang memiliki sifat-sifat yang unik. Setelah menyebutkan ”kesanggupan untuk membuat rencana di muka dengan sadar, membayangkan apa yang akan terjadi di masa depan”, Dawkins menambahkan, ”Dalam evolusi, manfaat jangka pendek selalu merupakan satu-satunya hal yang diperhitungkan; manfaat jangka panjang tidak pernah diperhitungkan. Sesuatu tidak akan mungkin berevolusi jika itu tidak mendatangkan manfaat jangka pendek yang segera atas individu tersebut. Paling tidak, sekali selama hidupnya, beberapa orang dapat mengatakan, ’Jangan pikirkan keuntungan jangka pendek yang akan Anda peroleh dengan menebang hutan ini; pikirkan apakah ada manfaat jangka panjangnya?’ Nah, menurut saya, kesanggupan ini benar-benar baru dan unik.”



Para peneliti lain meneguhkan bahwa kesanggupan manusia untuk perencanaan yang sadar dan berjangka panjang tidak ada bandingnya. Ahli fisiologi saraf William H. Calvin memperhatikan, ”Selain persiapan untuk musim dingin dan untuk kawin, yang dipicu hormon, bukti menunjukkan bahwa binatang hanya merencanakan tidak lebih dari beberapa menit di muka.” Binatang mungkin menyimpan makanan sebelum musim dingin, namun mereka tidak menganalisis segala sesuatu dengan saksama dan membuat rencana. Sebagai kontras, manusia mempertimbangkan masa depan, bahkan masa depan yang sangat jauh. Beberapa ilmuwan merenungkan apa yang mungkin terjadi atas jagat raya bermiliar-miliar tahun yang akan datang. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa manusia—begitu berbeda dengan binatang—dapat memikirkan masa depan dan membuat rencana?

Kita menggunakan kesanggupan khas ini setiap hari, bahkan sewaktu melakukan hal yang sangat umum seperti bercermin dan membayangkan rupa kita 10 atau 20 tahun lagi, sewaktu kita memikirkan walaupun hanya secara sepintas lalu konsep-konsep seperti tidak terbatasnya ruang dan waktu. Fakta bahwa kita memiliki kesanggupan ini saja, selaras dengan komentar bahwa Pencipta telah menaruh ”kekekalan dalam pikiran manusia”.


Sumber:
Sedarlah! Juni 1993

Ingin tahu topik-topik menarik lainnya? Kunjungi www.jw.org

No comments:

Post a Comment