When you run so fast to get somewhere, you miss the fun of getting there.
Life is not a race, so take it slower.
Hear the music before the song is over.
You are part of the puzzle of someone else's life.
You may never know where you fit but others will fill the holes in their lives with pieces of you.
So if you run out of reasons to live, remember that someone else's life may never be complete without you in it.

Friday, June 29, 2012

MASA PERALIHAN SEORANG WANITA

Artikel ini khususnya berguna bagi para wanita yang sedang mengalami menopause (masa mati haid), atau mereka yang ingin tahu apa menopause itu. Keterangan yang dimuat juga berfaedah bagi suami, anak-anak, sanak keluarga serta kawan-kawan mereka.

"MATAHARI bersinar lembut menerobos tirai yang setengah tertutup. Di luar, seekor burung sedang berkicau. Sungguh suatu pagi yang sangat indah.
     Namun entah bagaimana, bagi wanita yang sedang berbaring di tempat tidur itu, pagi ini rasanya berbeda. Sambil berbaring ia menatap langit-langit dengan pandangan sedih. Karena alasan yang tidak dapat dijelaskan ingin rasanya ia menangis.
     Didengarnya langkah-langkah kaki suaminya yang seraya bersiul mendekati ruangan. Tetapi hal itu kelihatannya malah menjengkelkan.
     ”Sudah waktunya bangun,” seru suaminya dengan riang. Ketika ia tidak menjawab, suaminya menghampiri tempat tidur dan dengan bercanda menyingkapkan selimutnya sedikit. ”Ayolah, sayang, sudah waktunya bangun.”
     Tiba-tiba ia duduk tegak di tempat tidur dan marah berteriak: ”Jangan ganggu saya! Biarkan saya sendiri!”
     Sebelum suaminya yang terkejut tahu apa yang sedang terjadi, ia kembali menjatuhkan diri serta menyembunyikan wajahnya di bawah bantal seraya menangis terisak-isak seolah-olah dunianya telah runtuh."

Menopause

Wanita ini sedang menjalani satu hari yang buruk selama menopausenya. Biasanya, persoalannya tidaklah sedrastis ini, tetapi jika memang demikian, seluruh keluarga dipengaruhi. Sang suami tidak tahu apa yang harus dilakukan; anak-anak bisa menjadi bingung. Namun sang ibulah yang sedang menjalani pengalaman buruk itu.

Pengertian tentang apa yang sedang terjadi dapat membantu setiap orang yang mengalaminya. Banyak cerita telah tersebar mengenai menopause. Seorang wanita yang baru saja melampaui masa demikian berkata: ”Sering anda merasakan lebih banyak kegelisahan karena apa yang orang katakan mengenai menopause daripada menopause itu sendiri.” Dengan penjelasan yang benar, tidak seorang pun perlu merasakan kegelisahan yang tidak perlu.

Dalam bahasa Inggris menopause sering disebut perubahan hidup. Namun orang tidak setuju dengan istilah tersebut. Kenapa? Karena istilah itu memberi kesan bahwa pada masa itu bagaimanapun hidup ini akan berubah sama sekali. Ini sama sekali tidak perlu demikian. Memang, beberapa wanita merasa kehilangan sesuatu karena mereka tidak bisa lagi melahirkan anak. Tetapi dalam pekerjaan, pernikahan, rekreasi serta banyak segi kehidupan mereka yang lain sesudah masa itu, segalanya hampir sama seperti sebelumnya, atau dalam beberapa hal bahkan lebih baik.

Selain itu, dengan menyebutnya perubahan itu memberikan kesan sebagai satu-satunya perubahan yang pernah terjadi. Hal ini tidak benar. Kehidupan seorang wanita penuh dengan perubahan-perubahan dramatis, seperti mulainya masa puber, menikah dan melahirkan anak. Menopause merupakan suatu perubahan lain dalam rangkaian ini. Karena itu, dalam bahasa Jerman terdapat istilah yang lebih halus, yaitu: die Wechseljahre, yang artinya ”tahun-tahun perubahan.” hal-hal apakah yang seharusnya kita semua ketahui berkenaan ”tahun-tahun perubahan” seorang wanita?

● Apakah Hal Itu Gerangan?

Itu merupakan saat berakhirnya siklus bulanan atau menstruasi seorang wanita, beserta dengan kesanggupannya untuk melahirkan anak. Ini tercermin dalam kata ”menopause,” yang berasal dari dua kata Yunani yang berarti ”bulan” dan ”berhenti.”

● Dengan Apa Tidak Ada Sangkut-pautnya?

”Tahun-tahun perubahan” bukanlah permulaan dari proses ketuaan. Sedikit demi sedikit usia mempengaruhi diri kita. Ketika kita masih muda berusia 25 tahun gerakan otot-otot kita yang bagus mulai merosot. Pada usia 30, kita mulai kehilangan jaringan otot dan tulang serta rambut kita mulai memutih. Proses-proses ini berlangsung terus melampaui menopause dan bisa dipercepat olehnya, tetapi tidak disebabkan olehnya. Dan usia tua masih jauh dari seorang wanita berumur 40 atau 50 yang sedang mengalami menopause.
Lebih jauh, menopause bukan suatu penyakit, meskipun kadang-kadang gejala-gejalanya bisa memberi kesan demikian.

● Apa yang Menyebabkannya?

Tubuh sedang menyesuaikan diri dengan suatu situasi yang baru. Pada masa puber tubuh seorang gadis mulai membuat hormon-hormon yang merangsang indung telur untuk menyediakan sel-sel telur yang matang secara teratur.

Pada ”tahun-tahun perubahan” terjadi hal-hal sebaliknya. Tubuh berhenti memproduksi hormon-hormon, dan persediaan sel-sel telur yang matang berangsur-angsur hilang. Salah satu dari hormon-hormon yang terlibat adalah estrogen. Jika persediaan estrogen berhenti secara bertahap, menopause mungkin mudah. Jika berkurang dengan cepat, menopause biasanya akan lebih sulit.

● Kapan Itu Mulai?

Pada kebanyakan wanita, menopause bisa mulai antara 45 dan 55. Sedikit yang mengalaminya sebelum usia 40 tahun, dan bahkan lebih sedikit lagi yang mengalaminya pada usia yang lebih tua dari rata-rata, mungkin bahkan pada usia 60-an. Menopause yang dini dapat disebabkan oleh hal-hal seperti pembedahan atau kesehatan umum yang buruk.

Biasanya, suatu peringatan tentang hal-hal yang akan terjadi ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur. Bagi beberapa wanita hal ini akan makin tidak teratur sampai akhirnya berhenti sama sekali. Bagi beberapa wanita yang beruntung, menstruasi berhenti tiba-tiba dan berakhir begitu saja. Bagi wanita-wanita lain lagi, menstruasi ini bisa lebih sering dari biasa, secara bergantian datang masa-masa sedikit atau banyak sampai akhirnya berhenti sama sekali.

● Bagaimana Itu Mempengaruhi Wanita

Menurut ahli kandungan Dr. Johanna Perlmutter, ”Sungguh menenangkan mengetahui bahwa kebanyakan wanita melewati menopause dengan gejala-gejala yang relatif ringan, jika ada.” (The Menopause Book) Suatu kabar baik, tetapi bagaimana jika anda salah seorang dari mereka yang mempunyai lebih dari ”gejala-gejala yang relatif ringan”? Dr. Perlmutter berkata: ”Kebanyakan dari wanita-wanita dengan problem-problem yang lebih serius bisa memperoleh pertolongan dari dokter mereka.” Apakah beberapa dari ”problem-problem yang lebih serius” ini?

Yang umum adalah rasa panas sekejap hal ini telah dilukiskan sebagai perasaan panas yang tiba-tiba yang menjalar pada tubuh bagian atas. Mungkin muka menjadi merah, dan kadang-kadang keluar banyak keringat setelah itu. Rasa panas ini bisa berulang kali datang—sampai 12 kali sehari. Itu dapat berlangsung selama satu atau dua detik saja, atau bisa beberapa menit. Pada malam hari si penderita dapat terbangun basah kuyup karena keringat.

Tidak seorang pun tahu dengan pasti penyebab fisik dari rasa panas itu. Apakah ini bersifat traumatik (goncangan jiwa)? Pada umumnya, tidak. Kata-kata yang dipakai para wanita untuk melukiskannya kurang lebih adalah ”sesuatu yang mengganggu,” ”menjengkelkan” atau bahkan ”menyebabkan kemarahan.”

Gejala-gejala lain yang mungkin dirasakan atau tidak, termasuk insomnia (susah tidur) dan kelelahan tiba-tiba. Disebut pula hal-hal seperti mati rasa, pusing, rasa mual, jantung berdebar-debar, maupun sakit di dada, sakit kepala dan rasa nyeri serta kekeringan vagina. Apakah itu merupakan suatu daftar gejala-gejala yang menakutkan? Nah, jangan kuatir. Kebanyakan wanita hanya mengalami beberapa gejala saja, kalaupun ada. Dan bahkan bila anda mengalami problem-problem yang parah, biasanya selalu ada jalan untuk memperoleh kelegaan.

● Bagaimana Dengan Depresi?

Ya, beberapa wanita memang mengalami depresi ringan selama ”tahun-tahun perubahan”—biasanya sangat ringan sehingga hanya mereka dan barangkali sanak keluarga terdekat yang mengetahui hal itu. Mereka mungkin mulai menangis tanpa sebab apapun. Atau barangkali, suami serta anak-anak yang sangat mereka cintai sehari sebelumnya tiba-tiba menjadi menjengkelkan dan mengganggu. Juga, seorang wanita yang biasanya rapi bisa menjadi pelupa serta tidak teratur untuk sementara waktu. Atau ia bisa mengalami perasaan panik yang tidak dapat dijelaskan.

Jika anda mengalami hal-hal seperti ini, ingatlah bahwa itu semua bukan dalam pikiran saja. Biasanya ada penyebab biologisnya. Jadi, janganlah merasa bahwa anda sedang kehilangan pengendalian diri. Sediakan waktu untuk diri anda. Gejala-gejala semacam itu, meskipun mungkin mendatangkan frustrasi atau menurunkan semangat biasanya hanya bersifat sementara. Tenanglah dan perasaan-perasaan tersebut akan berlalu!
 
[Catatan: Jika seorang suami memperhatikan bahwa depresi istrinya kelihatannya berlangsung terlalu lama atau menimbulkan gejala-gejala yang menguatirkan seperti kehilangan harga diri atau adanya gagasan-gagasan untuk bunuh diri, adalah bijaksana bila ia menganjurkan istrinya meminta bantuan seorang ahli. Kadang-kadang, menopause dapat merangsang timbulnya perasaan depresi yang berakar pada problem lain dalam hidup seorang wanita.]


source:
Sedarlah! 1983

No comments:

Post a Comment