When you run so fast to get somewhere, you miss the fun of getting there.
Life is not a race, so take it slower.
Hear the music before the song is over.
You are part of the puzzle of someone else's life.
You may never know where you fit but others will fill the holes in their lives with pieces of you.
So if you run out of reasons to live, remember that someone else's life may never be complete without you in it.

Thursday, June 21, 2012

Kebiasaan Hidup Yang Sehat—9 Kebiasaan Buruk yang Baik untuk Anda

Mari cari tahu bagaimana kegiatan-kegiatan yang 'tidak sehat' ini sebenarnya bisa memberi hasil.

LIHAT SISI BAIKNYA.

photo credit: Woman's Day

Bila berkaitan dengan kesehatan Anda, beberapa langkah-langkah yang salah bisa  dikompromikan dari waktu ke waktu. Kenyataannya, banyak dari kesalahan-kesalahan ini, seperti menenggak kopi dan lupa untuk mengonsumsi vitamin, sebenarnya bisa membantu Anda mengingkatkan kesehatan Anda, membantu Anda lebih cepat merasa lebih baik dan meningkatkan mood Anda. Pelajari sembilan kebiasaan-kebiasaan "buruk" yang seharusnya Anda tetap lakukan dan bagaimana membuatnya bekerja untuk Anda.




Anda minum secangkir besar kopi di pagi hari... dan minum secangkir lagi (atau dua cangkir).


MENGAPA ITU TIDAK TERLALU BURUK
photo credit: iStock!


Beberapa cangkir kopi bisa membuat Anda lebih bersemangat dengan cara yang lebih dari apa yang Anda pikirkan. Kopi memiliki efek yang buruk karena kafeinnya, tetapi sebenarnya dapat membantu mengatur suasana hati Anda. Sebuah studi baru-baru ini yang dipublikasikan di Archive of Internal Medicine mempelihatkan bahwa wanita-wanita yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari berisiko 15% lebih rendah mengalami depresi.

"Kafein membantu mengaktifkan zat kimia otak yang terlibat dalam suasana hati, seperti dopamin dan serotonin," kata penulis studi Alberto Ascherio, MD, seorang profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard School of Public Health. Menurut riset terbaru, kopi juga merupakan sumber yang kaya antioksidan dan komponen-komponen lain yang sehat yang bisa membantu melindungi dari kanker. Satu peringatan: Jika Anda tidak minum kopi, jangan memulainya (kafein adalah stimulan dan dapat menyebabkan kegelisahan atau sakit perut pada beberapa orang). Tetapi jika Anda adalah seorang "java lover", pertimbangkan beberapa hal untuk meminum secangkir ekstra kopi.



Anda mengizinkan "Debbie Downer*" yang ada dalam diri Anda untuk keluar.

*Nama karakter di Saturday Night Live. Nama karakter ini menjadi ungkapan gaul yang mengacu pada seseorang yang sering menambah-nambahkan berita buruk dan perasaan negatif pada setiap pertemuan, sengan demikian menurunkan suasana hati semua orang yang ada di sekitarnya. Karakter ini selalu muncul di pertemuan-pertemuan sosial dan menginterupsi percakapan untuk menyuarakan opini dan pernyataan-pernataan negatif. 

MENGAPA ITU TIDAK TERLALU BURUK

photo credit: iStock!

Berpikir Anda seharusnya memaksa diri untuk tetap bersikap positif (tidak peduli apapun) ketika hal-hal sulit terjadi? Pikirkan lagi: Penelitian menunjukkan bahwa kunci untuk kebahagiaan jangka panjang sebenarnya bisa menjatuhkan tindakan "Semuanya baik-baik saja!". Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial menemukan bahwa pengantin baru yang tetap positif dalam menghadapi situasi negatif tetapi terkendali (masalah di tempat kerja, masalah keuangan) mengalami lebih banyak gejala depresi empat tahun kemudian daripada orang yang menyoroti sebuah situasi kurang positif (dan lebih akurat).

"Menjadi seorang yang realistis membuat orang-orang mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki kehidupan mereka, dimana itu dapat membantu mengurangi stres dan kesedihan," kata penulis studi Erin O'Mara, PhD, asisten profesor di Universitas Dayton di Ohio. Juga, memaksa diri untuk tetap positif sering berarti Anda mungkin menekan kekhawatiran-kekhawatiran atau emosi-emosi lainnya, yang dapat membahayakan tubuh. Mengubah pandangan Anda bisa sesederhana mengatakan kepada diri sendiri, "Kami terlilit hutang. Apa hal pertama yang bisa kami lakukan untuk mulai keluar dari hutang ini?" alih-alih menyangkal situasinya.

 

Anda lupa mengonsumsi vitamin Anda


MENGAPA ITU TIDAK TERLALU BURUK
photo credit: iStock!
Walaupun vitamin dapat mengisi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh (diet yang sempurna sepanjang waktu adalah hal yang tidak mungkin!), ada kerugiannya mengonsumsi vitamin. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Psychological Science mengungkapkan bahwa ini mungkin membuat Anda meraih kantong keripik kentang, bukannya sebuah apel—dan melewatkan waktu latihan anda untuk berolahraga.

Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi multivitamin setiap hari dapat membuat Anda merasa seperti Anda memiliki kelonggaran untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan sehat lainnya—seperti menyambar makan malam Anda di drive-thru daripada makan dengan normal, atau menjelajahi saluran-saluran di televisi daripada berjalan-jalan di luar, kata Benjamin Caballero, MD , PhD, seorang profesor pediatri, gizi dan kesehatan internasional di Johns Hopkins University di Baltimore.

Secara umum, tubuh Anda sangat baik dalam menyerap nutrisi-nutrisi dalam bentuk alami mereka, jadi daripada mengandalkan vitamin, lebih baik fokus makan makanan yang sehat. Jika Anda mengonsumsi vitamin, ingatkan diri Anda bahwa vitamin-vitamin tersebut tidak menggantikan makanan-makanan sehat dan olahraga atau menahan efek dari kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat.


Anda marah dan menunjukkannya!


MENGAPA ITU TIDAK TERLALU BURUK

photo credit: ThinkStock
"Kemarahan sebenarnya merupakan emosi yang baik yang sering disalah artikan atau digunakan dengan tidak rasional," kata Mary Lamia, PhD, seorang psikolog klinis di Kentfield, CA. "Kemarahan memotivasi Anda untuk mengambil tindakan dan memperbaiki situasi". Kuncinya adalah dengan mencari tahu bagaimana menyalurkan kemarahan Anda dengan tepat daripada meluapkannya dengan salah. Dr. Lamia memaparkan tiga langkah mudah:

  1. Cari tahu persis apa yang memicu kemarahan Anda. Apakah itu karena komentar negatif dari seorang rekan kerja selama makan siang?
  2. Pertimbangkan setiap emosi lain yang mungkin berada dibalik kemarahan Anda. Apakah Anda merasa malu karena komentar sinis yang diungkapkan rekan kerja di depan orang-orang? Apakah Anda benar-benar tidak bahagia dengan pekerjaan Anda tapi karena takut akan perubahan, maka Anda tidak mencari di tempat lain?
  3. Rencanakan sebuah tindakan untuk memperbaiki situasi. Coba untuk berkomunikasi dengan rekan kerja dan cari tahu mengapa dia berkomentar seperti itu. Periksa lowongan-lowongan pekerjaan lainnya dan lihat peluang apa saja yang terbuka disana.
Pedoman yang bagus: Selalu ambil waktu untuk berpikir sebelum bereaksi. Efek fisiologis dari emosi yang tersulut mempengaruhi bagaimana Anda berpikir, kata Dr Lamia. Menunggu beberapa jam sebelum memutuskan untuk bereaksi bisa membantu Anda berpikir dengan jelas dan mengambil keputusan yang terbaik.

 

Anda minum bir

MENGAPA ITU TIDAK TERLALU BURUK
photo credit: iStock!
Semua perhatian tertuju pada anggur merah kalau sudah berhubungan dengan kesehatan jantung, tetapi minuman ini ternyata memiliki manfaat juga. "Bir kaya akan antioksidant yang dapat melawan penyakit," kata Cassie Dimmick, MS, ahli diet di Springfield, MO. Bir juga memberikan dosis energi besi-memutar (dark beer lebih kaya akan energi ini daripada bir lainnya yang lebih ringan, menurut para peneliti) serta silikon diet, mineral yang membantu tumbuh kembang pembentukan tulang, yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membantu melindungi terhadap osteoporosis. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa bir pucat yang lebih keras justru mengandung silikon yang sama atau lebih banyak daripada gandum,  yang merupakan salah satu sumber mineral terbaik.

Bir mengandung120 hingga 150 kalori per 12-oz (1 oz sekitar 28 g), yang dapat bertambah dengan cepat. Jadi, jika Anda minum bir, pastikan Anda hanya menenggaknya sehari sekali (atau kurang) untuk mendapatkan kebaikannya.


 Anda merasa tertekan akan hal-hal kecil


MENGAPA ITU TIDAK TERLALU BURUK 

photo credit: iStock!
Stres kronis terkait dengan kondisi seperti sakit jantung, tetapi stres jangka pendek sebenarnya memiliki sisi positif, mendorong Anda untuk menyelesaikan sesuatu—dan berhasil menyelesaikannya. "Stres memicu hormon kortisol, yang membantu kita untuk lebih enerjik menghadapi hari," kata Judith Orloff, MD, penulis buku Emotional Freedom. "Ini juga memotivasi kita untuk berbuat lebih baik dalam memecahkan masalah."

Jadi stres singkat sebelum presentasi akan membantu Anda tampil lebih baik, dan ketika mobil Anda rusak, sedikit stres bisa membantu Anda memperbaiki situasi dengan cepat. Keseimbangan adalah kuncinya. Jadi penting untuk mengisi ulang baterai Anda setiap hari sehingga momen-momen stres kecil tersebut tidak berubah menjadi konstan, kata Dr. Orloff.  Dia menyarankan: Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas atau hobi yang Anda sukai lima menit sehari, atau jika Anda lebih suka ketenangan, duduk di ruangan yang gelap dan ambil napas dalam-dalam.


Anda tidak berolahraga dua hari berturut-turut


MENGAPA ITU TIDAK TERLALU BURUK

photo credit: ThinkStock

Anda tidak perlu berolahraga keras setiap hari untuk menjadi sehat (dan beristirahat sebenarnya lebih baik). "Tiga hingga empat hari seminggu cukup untuk membentuk badan Anda," kata Mike Boyle, pemilik gym Mike Boyle Strength & Conditioning di Boston. Ini alasannya: Saat Anda beristirahat, itu memberikan waktu untuk memperbaiki dan memperkuat otot-otot. Anda mungkin juga mulai lelah—mulai takut—akan rutin yang ketat.

Menjadi aktif setiap hari (baik dengan berjalan-jalan dengan teman Anda saat makan siang atau mengajak anjing Anda berjalan-jalan di sore hari), dan hanya berolahraga dengan ketat beberapa hari seminggu adalah ide yang baik. Setidaknya 2 hari dalam seminggu Anda mengangkat beban, yang akan menghasilkan pembakaran lemak yang baik, kata Boyle.


Anda menunda-nunda pekerjaan dengan membaca lelucon-lelucon yang diteruskan dalam kotak masuk Anda


MENGAPA ITU TIDAK TERLALU BURUK


Ini mungkin tampak seperti buang-buang waktu, namun beristirahat sejenak dengan  sesuatu yang dapat membuat Anda tertawa patut dicoba. Sebuah studi yang dilakukan terhadap 30 orang dari University of Maryland School of Medicine di Baltimore menemukan bahwa ketika orang menonton film yang lucu, lapisan pembuluh darah mereka diperluas hingga 50% lebih dari saat mereka menonton film menegangkan. Berikut adalah alasan mengapa gelak tawa yang lepas baik untuk Anda: "Tertawa mengaktifkan pembuluh darah untuk melepaskan oksida nitrat kimia, sehingga dapat memperbesar pembuluh darah dan membantu mengurangi tekanan darah," kata rekan penulis Michael Miller, MD.

Semakin keras Anda tertawa, semakin besar manfaatnya—tawa yang lepas, bukan tawa kecil, lebih dapat memicu sifat-sifat kimiawi yang sehat dalam tubuh. Dan pastikan Anda berbagi tawa dengan teman-teman. Tertawa dalam ramah tamah dapat menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan endorfin yang baik, menurut penelitian dari University of Oxford. Jadi tontonlah klip-klip video lucu di YouTube dengan anak-anak, atau dengan teman-teman.


Anda mengonsumsi pil tidur secara berlebihan sesekali


MENGAPA ITU TIDAK TERLALU BURUK


photo credit: iStock!

Adalah baik mengkonsumsi pil-pil ini untuk menginduksi tidur Anda sesekali. Pil-pil itu dapat sangat berguna jika Anda sulit tidur karena alergi pada hidung atau semacamnya, kata Ronald Popper, MD, direktur medis dari Southern California Pulmonary and Sleep Disorders Medical Center. Mengapa? Banyak pilihan OTC bekerja karena efek samping dari antihistamin, bahan aktif yang sama yang juga membantu meredakan alergi. Tapi sebagian besar spesialis tidur tidak menyarankan Anda untuk menggunakan pil-pil tersebut sehari-hari.Yang harus Anda lakukan adalah memanfaatkan efek sampingnya (rasa kantuk) dari antihistaminyang ditujukan untuk penggunaan lain (mengurangi gejala alergi). Sebaliknya, bantuan dari pil tidur hanya bekerja pada "pusat tidur" dari otak Anda untuk menginduksi tidur, kata Dr Popper.

Jika sesuatu pada saluran hidung yang membuat Anda terjaga di malam hari, pertolongan tidur dari OTC bisa menjadi solusi yang bagus. Bicarakanlah dengan dokter Anda atau dengan ahli masalah tidur sebelum Anda mulai mengkonsumsi apapun—antihistamin dapat menyebabkan efek samping lain karena itu bisa mempengaruhi seluruh tubuh dan semakin lama Anda mengkonsumsinya, semakin kecil kemungkinan antihistamin untuk membuat Anda mengantuk karena tubuh Anda cepat membangun toleransi terhadap efek darinya.





source:
http://www.womansday.com/health-fitness/conditions-diseases/bad-habits-that-are-good-for-you?link=emb&dom=yah_life&src=syn&con=blog_wd&mag=wdy#slide-1

No comments:

Post a Comment