When you run so fast to get somewhere, you miss the fun of getting there.
Life is not a race, so take it slower.
Hear the music before the song is over.
You are part of the puzzle of someone else's life.
You may never know where you fit but others will fill the holes in their lives with pieces of you.
So if you run out of reasons to live, remember that someone else's life may never be complete without you in it.

Monday, January 21, 2013

JASA DAN SUMBER DAYA INTERNET



Sumber daya umum yang tersedia di Internet adalah sistem sedunia untuk mengirim dan menerima surat elektronik, yang dikenal sebagai E-mail. Sebenarnya, E-mail membentuk suatu bagian besar dari semua lalu lintas Internet dan bagi banyak orang merupakan satu-satunya sumber daya Internet yang mereka gunakan. Bagaimana cara kerjanya? Untuk menjawab pertanyaan itu, marilah kita pertama-tama meninjau sistem pos surat yang biasa.

Seandainya Anda tinggal di Jakarta dan ingin mengirimkan sepucuk surat kepada putri Anda yang tinggal di Bangkok. Setelah menuliskan alamat yang tepat di amplop, Anda mengeposkannya, mengawali perjalanan surat tersebut. Di fasilitas pos, surat itu dikirim ke lokasi berikutnya, barangkali sebuah pusat distribusi regional atau nasional, dan kemudian ke kantor pos lokal di dekat putri Anda.

Proses yang serupa diterapkan untuk E-mail. Setelah surat Anda disusun di komputer, Anda harus memerinci sebuah alamat E-mail putri Anda. Begitu Anda mengirim surat elektronik ini, surat itu berjalan dari komputer Anda, sering kali melalui sebuah alat yang disebut modem, yang menghubungkan komputer Anda ke Internet via jaringan telepon. Dari situlah perjalanannya mulai, menuju berbagai komputer yang berfungsi seperti fasilitas pengalihan pos lokal dan nasional. Masing-masing memiliki cukup informasi untuk menyampaikan surat tersebut ke komputer tujuan, untuk kemudian diterima oleh putri Anda.

Berbeda dengan surat biasa, E-mail sering kali mencapai tujuannya, bahkan di benua lain, dalam waktu beberapa menit atau kurang, kecuali bila beberapa bagian dalam jaringan mengalami kepadatan luar biasa atau tidak berfungsi untuk sementara. Sewaktu putri Anda memeriksa kotak pos elektroniknya, ia akan menemukan E-mail Anda. Kecepatan E-mail dan kemudahan pengirimannya bahkan kepada lebih dari satu penerima di seluruh dunia menjadikannya sebagai bentuk komunikasi yang populer.

Newsgroups

Jasa lain yang populer disebut Usenet. Usenet menawarkan akses ke newsgroups untuk diskusi kelompok mengenai topik tertentu. Beberapa newsgroup membatasi topiknya pada jual-beli berbagai barang konsumen. Ada ribuan newsgroup, dan sekali seorang pengguna memperoleh akses ke Usenet, tidak ada biaya berlangganan untuk itu.

Bayangkan bahwa seseorang telah bergabung dengan sebuah newsgroup yang berkaitan dengan filateli. Seraya pesan baru mengenai hobi ini dikirimkan oleh orang lain yang berlangganan ke kelompok ini, pesan tersebut tersedia bagi pendatang baru ini. Orang ini memeriksa bukan sekadar apa yang telah dikirimkan ke newsgroup tersebut, melainkan juga apa yang telah ditulis orang lain sebagai tanggapan. Misalkan, jika seseorang meminta informasi mengenai seri perangko tertentu, tidak lama setelah itu, mungkin ada banyak tanggapan dari seputar dunia, menawarkan informasi yang dapat segera tersedia untuk semua yang berlangganan newsgroup ini.

Sebuah variasi dari gagasan ini adalah Bulletin Board System (BBS). BBS serupa dengan Usenet, kecuali bahwa semua file terletak dalam sebuah komputer tunggal, biasanya dikelola oleh satu orang atau kelompok. Isi newsgroups mencerminkan beraneka ragam minat, pandangan, dan nilai moral dari orang-orang yang menggunakannya, jadi diperlukan kebijaksanaan.

Penggunaan File Bersama dan Pencarian Topik

Salah satu tujuan awal Internet adalah penggunaan informasi bersama secara global. Misalnya seorang guru menemukan pendidik lain di Internet yang bersedia membagikan materi kursus yang telah dikembangkan. Dalam waktu beberapa menit, file-file dikirim, meskipun dipisahkan oleh jarak sejauh 3.200 kilometer.

Bantuan apa yang tersedia bila seseorang tidak tahu di mana lokasi suatu subjek di Internet? Sama seperti kita menemukan nomor telepon dengan menggunakan buku petunjuk telepon, seorang pengguna bisa menemukan lokasi yang diminatinya di Internet dengan mengakses dahulu apa yang dikenal sebagai search site (situs pencarian). Pengguna menyediakan satu kata atau frase; situs tersebut kemudian menjawab dengan daftar lokasi Internet tempat informasi dapat ditemukan. Biasanya, pencarian ini cuma-cuma dan hanya membutuhkan beberapa detik!

Misal lagi, seorang petani telah mendengar tentang teknik baru yang disebut precision farming (pertanian presisi), yang menggunakan komputer dan peta satelit. Dengan memasukkan frase itu search site, ia menemukan nama-nama petani yang sedang menggunakannya serta informasi terperinci mengenai metode tersebut.

World Wide Web

Bagian dari Internet yang disebut World Wide Web (atau, Web) memungkinkan para penulis menggunakan sebuah ide yang sudah lama—yakni catatan kaki—dengan cara yang baru. Sewaktu penulis sebuah artikel majalah atau buku menyisipkan simbol catatan kaki, kita dapat melihat ke bagian bawah halaman tersebut dan kemungkinan dituntun ke halaman atau buku lain. Para penulis dokumen komputer di Internet pada dasarnya dapat melakukan hal yang sama dengan suatu teknik yang akan menggarisbawahi atau menonjolkan satu kata, frase, atau gambar dalam dokumen mereka.

Kata atau gambar yang ditonjolkan merupakan petunjuk bagi pembaca bahwa terdapat sumber Internet, sering kali dokumen lain, yang berhubungan. Dokumen Internet ini dapat segera diambil dan ditampilkan bagi pembaca. Dokumen tersebut boleh jadi ada di komputer lain dan terletak di negeri lain. 

"Teknik ini 'menghubungkan Anda ke dokumen yang sebenarnya, bukan sekadar rujukannya'" — David Peal, penulis Access the Internet!

Web juga memungkinkan penyimpanan dan pengambilan, atau manipulasi, terhadap foto, grafik, animasi, video, dan suara. 

Berselancar di Internet

Dengan menggunakan sebuah browser Web, seseorang dapat dengan mudah dan cepat melihat informasi serta grafik penuh warna yang tersimpan dalam komputer di berbagai negeri. Menggunakan browser Web kira-kira mirip dengan mengadakan perjalanan yang sebenarnya, hanya ini lebih mudah. Seseorang dapat mengunjungi pameran dari Gulungan Laut Mati atau Museum Peringatan Holocaust di Web. Kesanggupan bergerak dengan bebas dari satu situs Web ke situs lain ini umumnya disebut berselancar di Internet.

Organisasi bisnis dan lain-lain berminat akan Web sebagai sarana mengiklankan produk atau jasa mereka serta menawarkan jenis informasi lain. Mereka menciptakan sebuah halaman Web, semacam etalase toko elektronik. Setelah alamat halaman Web sebuah organisasi dikenal, para calon pelanggan dapat menggunakan browser untuk ”berbelanja”, atau melihat-lihat informasi. Akan tetapi, sebagaimana di pasar mana pun, tidak semua produk, jasa, atau informasi yang tersedia di Internet adalah sehat.

Para peneliti mencoba membuat Internet cukup aman untuk transaksi yang konfidensial dan terlindung. Suatu Internet seluas dunia yang lain—oleh beberapa orang disebut Internet II—sedang dikembangkan karena lalu lintas yang meningkat dari aktivitas komersial yang dihasilkan.

Apakah ”Chat” Itu?

Jasa umum lainnya dari Internet adalah Internet Relay Chat, atau Chat. Chat memungkinkan sekelompok orang, dengan menggunakan nama samaran, mengirimkan pesan satu sama lain dengan segera. Meskipun digunakan oleh orang-orang dari berbagai kelompok usia, Chat khususnya populer di antara kaum muda. Sekali si pengguna terhubung, ia dibawa untuk kontak dengan sejumlah besar pengguna lain dari seluruh dunia.

Chat room, atau saluran chat, diciptakan dengan menonjolkan sebuah tema tertentu, seperti fiksi ilmiah, film, olahraga, atau asmara. Semua pesan yang diketik dalam sebuah chat room tampil hampir secara simultan di layar komputer dari semua partisipan chat room tersebut.

Sebuah chat room mirip dengan sekelompok orang yang berpesta, membaur dan berbicara pada waktu yang bersamaan, kecuali bahwa semuanya mengetik pesan-pesan singkat sebagai gantinya. Chat room biasanya aktif 24 jam sehari.

Siapa yang Membiayai Internet?

Mungkin Anda bertanya-tanya, ’Siapa yang membiayai jarak jauh yang dapat ditempuh seseorang melalui Internet?’ Biaya ini ditanggung bersama oleh semua pengguna, perusahaan, dan individu. Akan tetapi, pengguna akhir tidak mutlak ditagih rekening telepon jarak jauh, sekalipun ia telah mengunjungi banyak situs internasional. Kebanyakan pengguna berlangganan dengan penyedia jasa Internet (Internet service provider, atau ISP) komersial lokal, yang dalam banyak kasus menagih ke pengguna suatu iuran bulanan yang tetap. ISP biasanya menyediakan nomor telepon lokal untuk menghindari biaya telepon tambahan. Umumnya iuran akses bulanan sekitar 20 dolar AS.


Alamat-Alamat Internet—Apakah Itu?

Mengidentifikasi orang-orang yang berhubungan dengan Internet dimungkinkan melalui alamat E-mail. Bayangkan Anda ingin mengirimkan E-mail kepada seorang teman yang alamat E-mail-nya adalah drg@tekwriting.com 
”drg” = Identitas orang tersebut, atau log-in
Orang-orang sering kali menggunakan inisial atau nama lengkap mereka sebagai log-in.  
simbol ”@” = Istilah yang mengikuti  bisa jadi adalah majikan, tempat bisnis, atau penyedia jasa E-mail mereka.  
”tekwriting” = Mengidentifikasikan penyedianya. Bagian terakhir dari alamat tersebut mengidentifikasikan jenis organisasi dengan siapa teman Anda memiliki log-in 
”com” = Merujuk kepada organisasi komersial. 
Organisasi pendidikan memiliki konvensi penamaan yang serupa tetapi berakhir dengan ”edu”, dan organisasi nirlaba berakhir dengan ”org”.  
Standar E-mail lainnya berakhir dengan kode negara orang tersebut. 
Misalnya: lvg@spicyfoods.id. Menunjukkan bahwa orang yang log-in-nya ”lvg” tersebut berafiliasi dengan suatu firma yang disebut ”spicyfoods” di Indonesia. 
Jenis alamat lain menentukan lokasi dokumen Web di Internet. Misalkan informasi mengenai penelitian hutan tropis dapat ditemukan dalam dokumen Web yang terletak di http://www.ecosystems.com/research/forests/rf. Huruf ”http” (Hypertext Transfer Protocol) mengidentifikasikan protokol untuk menangani jenis dokumen Web, dan ”www.ecosystem.com” menunjukkan nama server Web, sebuah komputer—dalam kasus ini sebuah firma komersial yang disebut ”ecosystems”. Dokumen Web yang sebenarnya adalah bagian terakhir dari alamat tersebut—”/research/forests/rf”. Alamat Web sering kali disebut Uniform Resource Locators, atau singkatnya, URL.


Sumber:
Sedarlah! 22/7 1997

No comments:

Post a Comment