When you run so fast to get somewhere, you miss the fun of getting there.
Life is not a race, so take it slower.
Hear the music before the song is over.
You are part of the puzzle of someone else's life.
You may never know where you fit but others will fill the holes in their lives with pieces of you.
So if you run out of reasons to live, remember that someone else's life may never be complete without you in it.

Wednesday, November 30, 2011

FRANCHISE (WARALABA)

TUGAS SOFTSKILL 6

TULISAN 2

FRANCHISE YANG BERHASIL DI INDONESIA
Logo Kebab Turki Baba Rafi
Franchisor Name : Kebab Turki Baba Rafi
Category : F & B Kiosk
Origin of Franchise : Local
Year of Establish : 2004
Franchise Establish :2004
Number of Outlets : 200
Franchise Fee : Rp 50 - 100 Juta (package)
Year of Contract : 5 Tahun
Royalty Fee : 5%
Initial Investment : Rp 50 - 100 Juta

Description
KEBAB TURKI BABA RAFI, sebuah bisnis makanan cepat saji yang kini semakin dikenal luas. Dengan produk utama ”Kebab”―makanan khas Timur Tengah, yang lezat dan bercita rasa khas terbukti bukanlah bisnis musiman seiring dengan kiprahnya yang menusantara bahkan siap merambah Asia Tenggara. Makanan yang diolah dengan unik dan berbahan baku daging sapi panggang ini, tidak hanya enak dinikmati, namun juga relatif terjangkau.
Di bawah naungan manajemen PT. Baba Rafi Indonesia, KTBR dikelola dengan penuh semangat muda, integritas dan inovasi yang tak kenal henti, terbukti 700 outlet berdiri dalam kurun waktu pengembangan 8 tahun. Gelar THE BEST AND THE LARGEST LOCAL FAST FOOD FRANCHISE pun diraih. Tentu saja langkah sukses itu tercapai berkat kerja sama saling dukung antara Franchisee dengan Franchisor.
Deretan penghargaan yang diraih semakin membuktikan profesionalisme PT. Baba Rafi Indonesia. KTBR sangat siap menginternasional, kini bukan lagi local business tapi international business.

Visi 2011
2011, Kebab Turki Baba Rafi siap merajai bisnis makanan cepat saji ala timur tengah, dengan target penambahan gerai di beberapa negara Asia Tenggara. Setelah sukses melebarkan sayap ke Malaysia dengan secara resmi PT. Baba Rafi Indonesia terdaftar sebagai anggota Malaysian Franchise Association, maka target selanjutnya adalah menaklukkan Negeri Gajah Putih, Thailand. Selain karena negerinya yang terkenal dengan pariwisata tradisional, karakteristik penduduknya justru menjadi alasan yang membuat KTBR tertantang untuk membuat mainstream baru dengan makanan cepat saji ala timur tengah.
Target dalam negeri tentu saja fokus pada maintaining 700 outlet yang telah beroperasi. Di Nusantara KTBR masih sejumlah 600 outlet, masih terbuka banyak peluang pasar yang dapat dibidik dan diciptakan. Oleh karenanya di 2011 angka 1001 outlet akan ditembus baik di Malaysia maupun Indonesia.


Jika anda mencari investasi bisnis yang prospek dan menguntungkan, Kebab Turki Baba Rafi adalah jawabannya. Mereka mengembangkan waralaba dibidang makanan cepat saji dan belum banyak kompetitor dan mempunyai start up cost yang relatif rendah. Dengan Proyeksi BEP (Balik Modal) 1 sampai 2 tahun.

Investasi Franchise ini terjangkau mulai dari Rp. 50 juta hingga Rp. 80 Juta.

Fasilitas Yang Didapatkan
• Satu Unit Counter
• Alat Burner Kebab
• Paket perlengkapan counter
• Freezer Box
• Paket promosi usaha ( Neon Box, Banner, dll )
• Bahan baku produksi pemakaian rutin
• System operasional yang sudah terbukti
• Training Karyawan
• Quality Control dan maintenance
• Asistensi survey lokasi
• Manual Book (Standart Operational Procedure)
• Software Keuangan
• Masa Kerjasama Selama 5 Tahun

Supporting Franchisor (Pusat)
• Menyediakan training karyawan
• Menjamin bahwa karyawan diatas siap kerja dan memenuhi standart keahlian Kebab Turki Baba Rafi
• Menyediakan Perlengkapan yang dibutuhkan dalam bisnis Kebab Turki Baba Rafi
• Menyediakan kelengkapan bisnis Kebab Turki Baba Rafi
• Menyediakan stock bahan baku utama
• Melaksanakan training secara berkala, baik di traning center maupuun di cabang
• Melakukan audit finansial seluruh cabang
• Melakukan perubahan harga jual ke konsumen
• Melakukan kegiatan promosi nasional

Peranan Franchisee (Penerima)
• Mengajukan usulan lokasi tempat
• Melakukan pengawasan secara menyeluruh atas perlalatan, disiplin karyawan, dan kebersihan outlet
• Melakukan pembelian bahan baku sesuai standart Kebab Turki Baba Rafi
• Bertanggung jawab atas hasil penjualan
• Secara terus menerus memberikan suport kepada karyawan dalam tugas sehari-hari.
• Bertanggung jawab atas biaya sewa tempat / Lokasi
• Melakukan promosi radius 1 Km dari outlet

Mengapa Harus Kebab Turki Baba Rafi
• Inovasi baru Kebab Turki Baba Rafi
• Belum banyak kompetitor
Start up cost relatif terjangkau
• pangsa pasar yang terus tumbuh
• produk kebab cepat saji, bergizi dan lezat
• Bahan baku murah, mudah didapat dan disupply rutin
• royalty fee yang kecil = 5 % dari Omset
• Proyeksi BEP cepat 11 bulan
• Dalam jangka waktu 2 tahun telah berdiri 25 Outlet
• Sistem telah teruji dan mudah untuk diaplikasikan

Tahapan Menjadi Franchisee
• Presentasi general bisnis
• Pembayaran Commitment Fee & Protect Lokasi
• Penjelasan Operasional
• Penanda Tanganan Franchise Agreement masa kerjasama untuk 5 tahun
• Pembayaran sebesar 70% dari total investasi
• Asistensi Survey Lokasi
• Persiapan Opening
• Pembayaran sisa Investasi
• Grand Opening

Langkah-langkah Menjadi Franchisee
Keuntungan:
1.    Bebas royalty fee setiap bulan
2.    Outlet dikelola penuh oleh franchisor
3.    Dapatkan pasif income tiap bulan
4.    Keuntungan lebih terjamin
5.    System kerjasama profit sharing 50%:50%

Ketentuan:
1.    Seluruh biaya pengelolaan outlet (BPO) dibebankan pada total omzet.
2.    BPO ini meliputi :
a.     Pemakaian bahan baku (termasuk packaging)
b.     Komisi dan gaji pegawai
c.     Sewa tempat
d.    Transportasi (bbm) ± Rp. 10.000,-/hari
e.    Biaya operasional seperti: gas LPG, perbaikan atau penambahan perlengkapan outlet dll.
f.     Laba bersih diperoleh dari total omzet dikurangi BPO
g.    Franchisee menyediakan fasilitas sepeda motor untuk operasional operator outlet.

Fasilitas Yang Didapatkan:
Survey lokasi dicarikan
Recruitment & training karyawan
Satu unit counter
Paket perlengkapan counter lengkap
Alat burner kebab
Paket promosi (banner, neon box, flayer, dll)
Manual book (SOP)
Software keuangan
Hotline service
Buletin "Kebabku" (media komunikasi internal franchisee)
Team quality control (maintainance & monitoring)
Armada pengiriman bahan baku
Promosi ke media nasional dengan target end user
Team management yang solid
Masa kerjasama selama 5 tahun
Sistem operasional yang sudah terbukti

Fasilitas Yang Diperlukan:
Lokasi Berada di tempat strategis (sewa) : daerah kampus, perumahan, pusat belanja, mal, dll
Luas Tempat Sewa Sesuai Ukuran Outlet
Tenaga Pelaksana (Operator yang memenuhi kualifikasi dan di-training KTBR)
Tempat Tinggal Karyawan
Transportasi Lokal (sepeda motor)
Freezer Box
Bahan Baku Awal


Supporting Franchisor (Pusat):
Menyediakan training karyawan/ti
Menyediakan Perlengkapan yang dibutuhkan dalam bisnis Kebab Turki Baba Rafi
Menyediakan kelengkapan bisnis Kebab Turki Baba Rafi
Menyediakan stock bahan baku utama
Melaksanakan training secara berkala, baik di traning center maupuun di cabang
Melakukan audit control seluruh cabang
Melakukan perubahan harga jual ke konsumen
Melakukan kegiatan promosi nasional

Peranan Franchisee (Penerima):
Mengajukan usulan lokasi tempat
Melakukan pengawasan secara menyeluruh peralatan, disiplin karyawan
Melakukan pembelian bahan baku Kebab Turki Baba Rafi
Bertanggung jawab atas hasil penjualan
Bertanggung jawab atas biaya sewa tempat / Lokasi
Melakukan promosi kurang lebih radius 1 km-1,5 km dari outlet





 Desain Outlet Konsep Outdoor (Gerobak)
Analisa keuangan Type 1 (Gerobak)


*
Investasi Awal
Rp
50.000.000,-
*
Pemasukan



Omset rata-rata / hari
Rp
440.000,-

Omset rata – rata / bulan (30 hari)
Rp.
13.200.000,-
*
Pengeluaran



Pemakaian bahan ( 48 %)
Rp.
6.336.000,-

Komisi dan gaji pegawai ( 6 % )
Rp.
792.000,-

Sewa tempat dan Operasional (10 %)
Rp.
1.320.000,-

Penyusutan barang ( 2 %)
Rp.
264.000,-

Royalty Fee Fixed ( 5%)
Rp.
660.000,-

Nett Profit / bulan (39 %)
Rp
3.828.000,-




*
Break Event Point (BEP)

14 Bulan






 Desain Outlet Konsep Outdoor (Booth)
Analisa Keuangan Type 2 (Booth)


*
Investasi Awal
Rp
70.000.000,-
*
Pemasukan



Omset rata-rata / hari
Rp
651.000,-

Omset rata – rata / bulan (30 hari)
Rp.
19.530.000,-
*
Pengeluaran



Pemakaian bahan ( 48 %)
Rp.
9.374.400,-

Komisi dan gaji pegawai (6 %)
Rp.
1.171.800,-

Sewa dan Operasional (10 %)
Rp.
1.953.000,-

Penyusutan barang ( 2 %)
Rp.
390.600,-

Royalty Fee ( 5%)
Rp.
976.500,-

Keuntungan nett/bulan (29 %)
Rp
5.663.700,-




*
Break Event Point (BEP)

13 Bulan








Desain Outlet Konsep Indoor (Type 3)
Analisa Keuangan Type 3 (Indoor)


*
Investasi Awal
Rp
90.000.000,-
*
Pemasukan



Omset rata-rata / hari
Rp
703.000,-

Omset rata – rata / bulan (30 hari)
Rp.
21.090.000,-
*
Pengeluaran



Pemakaian bahan ( 44 %)
Rp.
9.279.600,-

Gaji Pegawai & Operasional (8 %)
Rp.
1.687.800,-

Sewa Tempat (18 %)
Rp.
3.796.200,-

Penyusutan barang ( 1 %)
Rp.
210.900 ,-

Royalty Fee ( 5%)
Rp
1.054.500,-

Keuntungan nett / bulan (24 %)
Rp
5.061.600,-
*
Break Event Point (BEP)

18 Bulan







 Desain Outlet Konsep Dine In (Type 4)
Analisa keuangan Type 4 (Dine In)


*
Investasi Awal
Rp
100.000.000,-
*
Pemasukan



Omset rata-rata / hari
Rp
851.000,-

Omset rata – rata / bulan (30 hari)
Rp.
25.530.000,-
*
Pengeluaran



Pemakaian bahan ( 45 %)
Rp.
11.488.500,-

Komisi dan gaji pegawai ( 8 % )
Rp.
2.042.400,-

Sewa tempat dan Operasional (10 %)
Rp.
2.553.000,-

Penyusutan barang ( 2 %)
Rp.
510.600,-

Royalty Fee Fixed ( 5%)
Rp.
1.276.500,-

Nett Profit / bulan (30 %)
Rp
7.659.000,-




*
Break Event Point (BEP)

13 Bulan






 Desain Outlet Konsep Cafe (Type 5)
Analisa keuangan Type 5 (Cafe)


*
Investasi Awal
Rp
180.000.000,-
*
Pemasukan



Omset rata-rata / hari
Rp
1.000.000,-

Omset rata – rata / bulan (30 hari)
Rp.
30.000.000,-
*
Pengeluaran



Pemakaian bahan ( 43 %)
Rp.
12.600.000,-

Gaji pegawai & Operasional ( 10 % )
Rp.
2.400.000,-

Sewa tempat (11 %)
Rp.
3.330.000,-

Penyusutan barang ( 2 %)
Rp.
600.000,-

Royalty Fee Fixed ( 5%)
Rp.
1.500.000,-

Nett Profit / bulan (30 %)
Rp
9.000.000,-




*
Break Event Point (BEP)

20 Bulan







Testimonial Franchisee
“Bisnis Kebab Turki Baba Rafi is Fun, Simple, n Easy. Low Investment, Good Profit. Bagus untuk Anda yang Sibuk........”
―Indra, Owner Cabang Pondok Candra Sidoarjo
“Kebab Turki Baba Rafi merupakan tawaran bisnis yang luar biasa, dari segi keunikan, pertumbuhan, sistem, franchise investment dan profit. Cepat ambil keputusan dan bergabunglah .... “
―Hero Margalin, Owner Cabang Diponegoro Surabaya
“Bisnis ini memang UNIX, Semua orang dapat menjalankannya, termasuk Saya. Dengan Visi & Impian yang jelas, saat ini bisnis saya telah tumbuh lebih dari 50%. Hanya dengan menjalankan sistem, konsisten & tetap SEMANGAT !!!! “
          ―Sugih Satria, Owner Cabang Menanggal Surabaya
"Sebagai pengusaha, saya banyak melakuan investasi, baik investasi keuangan maupun usaha. Bekerja sama dengan KTBR merupakan keputusan investasi saya yang terbaik dan paling menguntungkan.Terlebih lagi dengan dukungan manajemen yang profesional, pengembangan produk yang baik, saya merasa aman dan nyaman menjadi terwaralaba dari KTBR. Dibandingkan dengan Pewaralaba lainnya yang telah saya pelajari, saya menilai KTBR tetap yang terbaik. Karenanya kedepan, saya akan terus menambah 10 outlet yang sudah saya miliki menjadi lebih banyak lagi!! Terima kasih KTBR."
―Bapak Himawan Supangkat (Pemilik 10 outlet Kebab Turki Baba Rafi)
Sumber:
http://www.bridgefranchise.com/franchise.php?action=detail&fraID=458
http://www.babarafi.com/



KEUNTUNGAN DARI FRANCHISE TERSEBUT BAGI PEMILIK (FRANCHISOR)
Investasi bisnis dengan sistem franchise (waralaba) keuntungan yang menggiurkan. Berbagai produk, ataupun rentang nilai investasi yang beragam ditawarkan bagi para franchisee yang berminat untuk menanamkan modalnya dalam bisnis ini.
Jika dibandingkan dengan konsep bisnis lain yang memiliki resiko kegagalan yang tinggi, system franchise ini memiliki resiko kegagalan yang jauh lebih kecil. Risiko kegagalan pembeli waralaba adalah 5% – 15%, sedangkan pada bisnis biasa berada di angka lebih dari 60%.
Keuntungan Waralaba di banding bisnis lain :
- Biasanya mempunyai produk yang unik, tidak mudah ditiru
- Mempunyai keunggulan dibandingkan dengan tipe usaha sejenis
- Mempunyai konsep usaha yang telah terbukti berhasil
- Produk/jasa yang terjamin
- Sudah mempunyai nama
- Adanya standarisasi dan pengoperasian yang jelas (SOP)
- Resiko kerugian yang rendah
Pemilik usaha yang ingin mewaralabakan usahanya untuk publik harus benar-benar membenahi sistem dulu sebelum berani menjual konsep bisnisnya ke publik.


Beberapa keuntungan lain sebagai franchisor dengan menggunakan sistem franchise adalah :
1.      Perluasan usaha yang dimiliki oleh franchisor akan lebih cepat karena persiapan modal, tenaga, serta waktu yang sangat besar tidak diperlukan dalam mendirikan outlet baru.
2.      Melalui sistem franchise ini modal investasi dan biaya praoperasional ditanggung oleh franchisee untuk mendirikan outletnya sendiri sehingga franchisor hanya memerlukan modal yang relatif lebih sedikit untuk memperluas usahanya.
3.      Outlet yang banyak dan tersebar dimana-mana akan lebih mudah dikelola oleh franchisor karena franchisee telah mengeluarkan dana investasi yang cukup besar sehingga motivasi franchisee untuk sukses sangat tinggi.
4.      Biaya operasional outlet ditanggung oleh franchisee sehingga biaya operasional yang ditanggung oleh franchisor relatif berkurang.
5.      Posisi tawar menawar (bargaining position) dengan supplier maupun dalam hal pemasaran semakin tinggi apabila memiliki cabang lebih banyak dibandingkan jika hanya memiliki satu atau dua outlet saja.
6.      Franchisor akan menerima royalti fee dan imbalan lainnya yang dibayarkan oleh franchisee walaupun  jumlahnya tidak terlalu besar tetapi jika dikaitkan dengan pembukaan outlet yang banyak dan dikaitkan dengan resiko usaha yang ditanggung maka tingkat pengembalian investasi bisnis waralaba cukup tinggi.
Sumber:


DAMPAK POSITIF TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA
  • Munculnya bisnis dengan system franchise ini turut menciptakan lapangan pekerjaan baru yang dapat memberikan andil dalam mengatasi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan di Indonesia.
  • Keberadaan waralaba bagi pemerintah sendiri sangat membantu terutama untuk membuka lapangan kerja baru secara instan dan memicu perekonomian daerah.
  • Waralaba lokal yang telah berekspansi ke luar negeri juga ikut menyumbangkan keuntungan bagi perekonomian negara melalui bertambahnya pemasukan devisa
  • Meski dihantam krisis yang besar, system bisnis waralaba ini bisa tetap eksis dan berkembang pesat. Hal ini bisa membantu ketahanan ekonomi Negara.
DAMPAK NEGATIF TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA 
  • Trademark bisnis waralaba saat ini sudah menjamur dan berkembang dengan pesat. Sistem waralaba ini dipilih oleh banyak orang yang ingin mendapatkan uang secara cepat dan mudah. Hal ini menyebabkan masuknya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab ke dalam arena bisnis waralaba tanpa peduli bisnisnya terbukti sukses atau belum, dan sistemnya cukup bagus atau tidak.
  • Mayoritas bisnis waralaba yang dijalankan bersifat modern. Akibatnya, pedangang tradisional semakin terpinggirkan.

No comments:

Post a Comment