When you run so fast to get somewhere, you miss the fun of getting there.
Life is not a race, so take it slower.
Hear the music before the song is over.
You are part of the puzzle of someone else's life.
You may never know where you fit but others will fill the holes in their lives with pieces of you.
So if you run out of reasons to live, remember that someone else's life may never be complete without you in it.

Wednesday, November 7, 2012

BAGAIMANA CARA MENSOSIALISASIKAN KOPERASI KEPADA MASYARAKAT


Tugas Softskill Ekonomi Koperasi# 4 



BAGAIMANA MENSOSIALISASIKAN KOPERASI KEPADA MASYARAKAT?

Masih banyak lapisan masyarakat Indonesia yang belum mengerti sepenuhnya mengenai apa koperasi itu, apa tujuan koperasi, apa fungsi dan peran koperasi, bentuk-bentuk dan jenis koperasi, kepengurusan koperasi, dan apa keunggulan-keunggulan koperasi. Kalau masalah mendasar seperti ini dianggap sepele dan hanya dipandang sebelah mata, popularitas koperasi bisa terus menurun. Eksistensi koperasi pun berada di wilayah yang kritis. Untuk itu, perlu diadakan sosialisasi koperasi kepada masyarakat. Tidak hanya dengan penyampaian materi-materi yang mendalam mengenai koperasi, pensosialisasian yang rutin dan intens bisa menjadi efektif. Dengan demikian masyarakat dari berbagai lapisan diharapkan bisa tergerak dan terdorong keinginannya untuk menjadi anggota koperasi, dan turut membangkitkan kembali popularitas koperasi.

Sosialisasi yang efektif contohnya adalah dengan mengadakan penyuluhan atau menyampaikan presentasi ke berbagai daerah, jika perlu sampai tingkat RT di seluruh Indonesia.
Sosialisasi pembentukan koperasi di Yayasan Al Hidayah Leuwidamar, 
Kabupaten Lebak, Banten
Sosialisasi secara langsung pasti akan lebih membekas dalam pikiran masyarakat karena penyampaiannya yang lebih mudah dipahami. Tujuannya adalah untuk memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa pendirian dan pembangunan koperasi dianggap sangat penting, strategis, dan prospektif, karena koperasi sebagai usaha dapat memberikan peran yang berarti dalam kehidupan perekonomian masyarakat, terutama anggota koperasi.

Cara lainnya adalah dengan memaksimalkan fungsi dari media massa, khususnya dalam hal menyampaikan informasi, mendidik, dan memengaruhi masyarakat. Tidak bisa dipungkiri, media massa bisa menjadi efektif karena dapat membuat perhatian khusus bagi masyarakat. Tidak hanya melalui media elektronik, media cetak pun dapat dimanfaatkan dengan efektif. Dalam media elektronik, seperti televisi dan radio misalnya, biasanya dilakukan melalui media iklan. Dalam tayangannya, bisa dilakukan pendekatan dengan masyarakat sambil menyampaikan keunggulan-keunggulan dan tujuan koperasi yang untuk menyejahterakan masyarakat. Penerapan teknologi informasi dalam badan usaha koperasi juga dipandang perlu untuk diterapkan terhadap koperasi-koperasi yang berskala besar. Mengapa dipandang perlu?

Contoh Jasa Pembuatan Web UKM
Karena Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Pengelola UKM harus mulai menyadari bahwa proses penjualan jangan hanya mengandalkan cara konvensional, tapi sudah harus melirik dengan perkembangan teknologi informasi. Penerapan sistem teknologi informasi ini akan memberikan banyak kemudahan dan keuntungan dalam pengembangan usaha koperasi sendiri. Fasilitas-fasilitas seperti peranti lunak dan jaringan koneksi online perlu dimaksimalkan. Imbas media yang satu ini telah mengubah pula pola hidup dan interaksi masyarakat. Dalam hal berbelanja dan mencari barang-barang yang diperlukan tidak lepas dari pengaruh media online. Belum lagi aplikasi-aplikasi mobile yang kian berkembang turut mendukung pula gaya hidup dengan media online. Lingkungan bisnis dan strategi pemasaran mau tidak mau harus memanfatkan media online. Perubahan atau saling melengkapi antara strategi pemasaran online dan offline memiliki peran yang cukup signifikan bagi bisnis. Dengan memanfatkan email, forum, sosial media dan website, ini memungkinkan masyarakat yang memiliki minat terhadap koperasi dapat mencari informasi dan mendapatkan produk dari koperasi yang mereka butuhkan dengan mudah.



Koperasi Jalan Sehat 2012 — Sragen (08/07)

Pensosialisasian tidak berarti harus selalu bersifat formal. Pensosialisasian yang bersifat informal pun tidak kalah efektifnya. Contohnya seperti Jalan Sehat Hari Koperasi tahun 2012 yang diselenggarakan pada 8 Juli yang lalu di Sragen. Dalam rangka menyambut dan memeriahkan peringatan Hari Koperasi yang ke–65, Pemerintah Kabupaten Sragen melalui Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kabupaten Sragen mengadakan kegiatan Jalan Sehat. Selain jalan sehat juga diadakan kegiatan lain yaitu pengobatan gratis dan donor darah. Peringatan hari Kopearsi tahun 2012 ini mengambil tema, Koperasi Mandiri Rakyat Makmur. Dipilihnya kegiatan gerak jalan untuk memeriahkan peringatan hari Koperasi tahun 2012 tersebut selain untuk mensosialisasikan jalan sehat sebagai olah raga yang murah meriah dan aman, juga untuk lebih mengenalkan gerakan koperasi kepada masyarakat Kabupaten Sragen. Selain itu kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk membudayakan dan mengenalkan Koperasi dikalangan anggota, calon anggota dan masyarakat. Serta sebagai suatu media silaturahmi serta komunikasi gerakan koperasi dengan masyarakat. Peserta gerak jalan ini terdiri dari anggota koperasi dan masyarakat umum. Peserta juga tidak akan dipungut biaya alias gratis. Bahkan seluruh peserta berkesempatan untuk mendapatkan ratusan hadiah yang telah dipersiapkan oleh panitia. Dengan turut melibatkan para anggota koperasi dan khususnya masyarakat umum, acara seperti ini bisa membangkitkan minat dan ketertarikan mereka untuk bergabung dengan koperasi.

Sosialisasi seperti yang telah disebutkan di atas penting untuk diadakan, agar peserta selaku tokoh masyarakat dapat memberikan motivasi kepada masyarakat, antara lain pembentukan koperasi harus berkeinginan seluruh calon anggota koperasi. Memberikan kesadaran kepada masyarakat arti penting berkoperasi, koperasi yang dibentuk haruslah melaksanakan prinsip-prinsip koperasi, serta menghindari pembentukan koperasi hanya kepentingan sesaat dari beberapa orang saja. Apabila peserta sosialisasi ini dapat memberikan  penjelasan atau motivasi kepada masyarakat arti penting berkoperasi, maka peserta selaku tokoh masyarakat sudah menanamkan bibit yang baik bagi kepentingan ekonomi masyarakat.



Referensi:

1 comment:

  1. Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link ini http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    ReplyDelete